Meraih Kualitas Hidup Lebih Baik Berkat Smartwatch

Gawai Mikro

Loading

Smartwatch adalah perangkat wearables yang kian lazim dijumpai melingkari pergelangan tangan masyarakat berusia muda hingga tua. Dari sekadar menawarkan fungsionalitas dan teknologi, smartwatch kini menjadi bagian dari ekspresi gaya dari pemiliknya. Namun, satu hal yang pasti, perangkat ini menjanjikan kualitas hidup yang lebih baik bagi pengguna yang mau memanfaatkan fitur-fiturnya.

Dimulai dari segi kenyamanan, smartwatch memungkinkan penggunanya untuk mengetahui pemberitahuan yang masuk ke smartphone mereka tanpa harus menggenggam, membuka pengunci layar dan membacanya. Hanya dengan menggerakkan pergelangan tangan, informasi tersebut sudah tertera di layar smartwatch sedangkan kedua tangan tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Sejumlah tipe smartwatch juga mendukung pemasangan aplikasi sehingga pengguna bisa mendapatkan informasi dari media sosial, informasi cuaca, dan banyak lagi, langsung ke layar di pergelangan tangan.

Selain untuk membaca pemberitahuan, pengguna smartwatch juga bisa memberi perintah seperti mengatur pemutar musik, menerima panggilan telepon, serta melakukan pembayaran contactless untuk tipe yang mendukung. Fitur ini sangat membantu pengguna dalam aktivitas sehari-hari dengan membuat prosesnya lebih sederhana.

Keberadaan sensor yang tersemat di dalam smartwatch juga memungkinan perangkat itu untuk memberikan informasi-informasi bermanfaat bagi pengguna. Fitur Pemantau kebugaran akan memberi informasi kepada pengguna tentang sejumlah aspek terkait kebugaran badan, seperti denyut jantung, kalori yang dibakar, kualitas tidur, jumlah langkah ditempuh dan banyak lagi. Fitur ini bermanfaat untuk memandu pengguna lebih awas dengan kondisi badannya serta mengarahkan untuk mencapai kondisi yang lebih baik lagi, seperti lebih rajin berolahraga atau menjaga pola makan.

Tidak ketinggalan, kemampuan untuk personalisasi dari tampilan smartwatch mulai dari watch face hingga material dan warna gelang jam sehingga menjadi bagian dari ekspresi dari gaya pengguna. Saat ini diperkirakan terdapat 224,31 juta pengguna smartwatch di dunia, tiga dari sepuluh orang pengguna internet setidaknya memiliki perangkat wearables1. Sementara itu, laporan

dari firma riset Canalys2 merilis estimasi pertumbuhan dari pengapalan produk smartwatch di pasar global sebesar 72 juta unit selama tahun 2024 dan diramalkan naik 15% pada tahun 2025 menjadi 82,9 juta unit. Angka-angka tersebut menunjukkan tren bahwa smartwatch makin menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari manusia yang hidup di era serba terhubung seperti hari ini.

Pengguna di Indonesia juga memiliki kebebasan untuk memilih produk smartwatch yang datang dengan beragam desain, fitur, hingga rentang harga yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Itu tidak lepas dari begitu banyaknya brand yang merilis smartwatch seperti Apple, Garmin, Huawei, IT (Immersive Tech), Samsung, Xiaomi dan banyak lagi.

Berikut sejumlah produk smartwatch yang bisa dipertimbangkan:

  • CMF Watch Pro 2 memungkinkan penggunanya untuk mengganti bezel dari jam, termasuk warna dan bahan strap, untuk menyesuaikan dengan gaya dan aktivitas harian. Dengan layar AMOLED berdiameter 1,32 inci, pengguna bisa memilih lebih dari 100 tampilan jam. Dengan sertifikasi IP68 untuk melindungi dari air dan debu, CMF Watch Pro 2 bisa tahan dioperasikan hingga 11 hari. Pelanggan setia bisa mendapatkan CMF Watch Pro 2 seharga Rp1,299.000 di gerai Urban Republic, laman e-commerce Eraspace.com serta Urban Republic Official Store dan Nothing Official Store di platform Tokopedia maupun Shopee.
  • Garmin Fenix 8 merupakan seri terbaru smartwatch dari seri Fenix yang memiliki layar AMOLED berukuran dari 1,4 inci dan serangkaian fitur yang mendukung olahraga seperti built-in LED flashlight untuk menemani aktivitas lari dan navigasi peta beserta rute yang disarankan. Teknologi Solar memungkinkan jam tangan pintar ini bisa dioperasikan hingga 38 Garmin Fenix 8 tersedia di gerai Garmin Brand Store dan Urban Republic dengan harga mulai Rp17,999,000.
  • IT Watch Moon WR02 adalah smartwatch generasi kedua dari private label IT (Immersive Tech) yang ditawarkan dengan harga Rp799,000 dan tersedia di gerai IT Store, erafone dan Urban Republic, laman e-commerce com, IT Official Store di Shopee dan Tokopedia. Jam tangan pintar ini memiliki layar AMOLED berdiameter 1,43 inci dengan fitur pemantau kebugaran maupun kesehatan dan bisa dioperasikan hingga 13 hari. Pengguna yang terlupa meletakkan jam tangan ini bisa mengaktifkan fitur “Find my” agar bisa menemukannya dengan mudah.

Memilih smartwatch yang sesuai untuk kebutuhan bukan lagi mimpi berkat pilihan yang beragam dari segi desain, ukuran layar, fitur yang ditawarkan hingga rentang harga. Pelanggan setia bisa berbelanja secara mudah dan nyaman di jaringan ritel Erajaya Group, menikmati promo menarik dan jaminan purnajual. Dari pergelangan tangan, smartwatch akan mengantar penggunanya untuk menikmati kualitas hidup yang lebih baik.