Perbandingan Bagus Mana HP Oppo F1 Selfie Expert vs Samsung J5 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi

Gawai Mikro

Loading

Perbandingan-Oppo-F1-vs-Samsung-Galaxy-J5

Kalian pernah galau dalam memilih HP Android terbaik yang ingin dibeli? Pernahkah kalian membuka internet lalu mencari artikel yang memuat tentang perbandingan 2 HP Android yang lagi menjadi perhatian dan incaran kebanyakan masyarakat? Bagi kalian yang membutuhkan informasi seperti seperti itu, saya kali ini akan membahas tentang perbandingan 2 buah HP Android yang bisa dikatakan banyak menjadi incaran masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Dalam artikel kali ini saya akan mengulas perbandingan 2 buah HP Android yang lumayan terkenal di kalangan masyarakat yaitu Oppo F1 Selfie Expert dengan Samsung Galaxy J5 dari segi spesifikasi, kamera, dan harga. Kedua HP Android ini tentunya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing – masing, dan oleh karena itulah perlu diperbandingkan agar kita dapat menilai mana yang lebih baik. Berikut ulasan terlengkapnya.

Perbandingan Spesifikasi HP Oppo F1 vs Samsung J5

F1 selfie expert

Oppo F1 Selfie Expert

Samsung-Galaxy-J5-03

Samsung Galaxy J5 – Black

Section Oppo F1 Selfie Expert Samsung Galaxy J5
NETWORK – GSM/HSPA / LTE – GSM/HSPA / LTE
BODY – 143.5 x 71 x 7.3 mm
– 134 g weight
– Support dual SIM Card
– 142.1 x 71.8 x 7.9 mm
– 146 g weight
– Support dual SIM Card
PLATFORM – OS Android v5.1 Lollipop
– Use Qualcomm M2M8939v2 Snapdragon 415 chipset
– With octa-core 4 x 1.7 GHz, Cortex A53 CPU
– Adreno 405 GPU
– OS Android v5.1 Lollipop, provide upgrade to Android v6.0.1 Marshmallow
– Use Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 chipset
– With Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 CPU
– Adreno 306 GPU
DISPLAY – IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors
– with 5 inches size, quite wide
– support 720 x 1280 pixels, multitouch yes
– Protected by Corning Gorilla Glass 4
– Super AMOLED capacitive touchscreen 16 M colors
– with 5.5 inches size, quite wide
– support 720 x 1280 pixels, multitouch yes
MEMORY – internal 16 GB, 3 GB RAM
– external up to 256 GB
– internal 8 GB, 1.5 GB RAM
– external up to 256 GB
COMMS – Support WiFi, WiFi Direct, and Hotspot
– Bluetooth yes
– Radio FM yes
– microUSB 2.0
– GPS
– Support WiFi, WiFi Direct, and Hotspot
– Bluetooth yes
– Radio FM yes
– microUSB 2.0
– GPS
CAMERA – 13 MP primary
– Fitur pendukung: aperture f/2.2, phase detection autofocus, LED flash, geo – tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
– Secondary 8 MP
– Fitur pendukung: aperture f/2.0, 1/4″ sensor size, 1080p
– Video 1080p@30fps
– 13 MP primary
– Fitur pendukung: aperture f/1.9, 28mm, autofocus, LED flash, geo – tagging, touch focus, face detection
– Secondary 5 MP
– Fitur pendukung: aperture f/2.2, 23 mm, LED flash
– Video 1080p@30fps
BATTERY – Non-removable Li-Po 2500 mAh battery – Removable Li-Ion 2600 mAh battery
Other Features – Support MP3, MP4, dokumen viewer, photo editor
– SMS, MMS, email, IM
– Support MP3, MP4, dokumen viewer, photo editor
– SMS, MMS, email, IM

Setelah melihat secara detail spesifikasi dari kedua HP Android tersebut, pastilah kita dapat melihat bahwa masing – masing mempunyai keunikan, kelebihan, dan kekurangannya tersendiri. Jika kita analisis secara satu persatu, maka secara langsung ataupun tidak langsung, kesimpulan mana yang lebih unggul dari kedua HP Android tersebut dapat ditemukan seperti kesimpulan sebagai berikut:

  1. Dari segi dimensi, Oppo F1 Selfie Expert mempunyai bobot lebih tipis dan ringan dibandingkan dengan Samsung Galaxy J5. Namun jika dilihat dari besar layar, Samsung Galaxy J5 lebih besar 0.5 inches dari Oppo F1 Selfie Expert. Untuk mana yang lebih bagus tentunya kembali lagi kepada selera masing – masing kalian. Ada yang lebih menyukai bobot yang ringan namun ada juga yang menyukai layar yang besar. Semua kembali lagi tergantung selera masing – masing.
  2. Dari segi display, Samsung Galaxy J5 sudah menggunakan tampilan Super Amoled sedangkan Oppo F1 Selfie Expert masih menggunakan IPS LCD. Keduanya mempunyai resolusi yang sama besar yaitu 720 x 1280 pixels. Namun Oppo F1 Selfie Expert unggul dalam hal screen protection karena layar Oppo F1 Selfie Expert dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 4, sedangkan Samsung Galaxy J5 masih belum memfasilitasi fitur tersebut.
  3. Dari segi memori, dan RAM, Oppo F1 Selfie Expert bisa dibilang unggul karena telah dilengkapi dengan memori internal 16 GB didukung dengan RAM 3 GB, sedangkan Samsung Galaxy J5 mempunyai memori internal 8 GB dan hanya didukung oleh RAM 1.5 GB – setengah dari RAM Oppo F1 Selfie Expert. Hal ini dapat dikatakan menjadi salah satu keunggulan Oppo F1 Selfie Expert.
  4. Hal yang sangat penting untuk dijadikan bahan pertimbangan dan yang harus diperhatikan ketika hendak membeli sebuah HP Android yaitu dari segi platformnya melingkupi OS, CPU, Chipset, dll. Untuk kedua HP Android di atas difasilitasi oleh OS yang sama yaitu Android v5.1 Lollipop, namun Samsung Galaxy J5 menyediakan upgrade ke Android v6.0.1 Marshmallow. Untuk tipe chipset, CPU, GPU dapat dilihat dalam tabel di atas.
  5. Bagi kalian yang suka fotografi dan selfie-addicted tentunya spesifikasi satu ini sangatlah penting yaitu kamera. Oppo F1 Selfie Expert dan Samsung Galaxy J5 keduanya mempunyai resolusi kamera utama yang sama besar yaitu 13 MP dengan fitur pendukung yang bisa dikatakan hampir sama. Namun untuk kamera depan Oppo F1 Selfie Expert mempunyai resolusi kamera yang lebih tinggi dibandingkan Samsung Galaxy J5, yaitu 8 MP, namun wajar sih namanya juga udah Oppo “Selfie Expert” kalo kamera depannya tidak mempunyai resolusi tinggi gimana toh? Jadi bagi yang suka selfie pasti tahu mana yang lebih bagus kan?
  6. Dari segi baterai, Samsung Galaxy J5 lebih unggul karena mempunyai kapasitas baterai yang lebih besar yaitu 2600 mAh. Bedanya lagi, Samsung Galaxy J5 baterainya dapat dilepas, sedangkan Oppo F1 Selfie Expert tidak bisa.

Perbandingan Hasil Kamera Oppo F1 vs Samsung J5

Kalian yang suka fotografi dan selfie pasti penasaran kan dengan hasil jepretan kamera Oppo F1 Selfie Expert vs Samsung Galaxy J5. Di bawah ini saya akan memaparkan hasil jepretan dari kedua HP Android tersebut, namun hanya kamera utamanya ya. Enjoy!

Kamera-utama-Oppo-F1-plus-macro

Hasil Jepretan kamera utama Oppo F1 Selfie Expert

Kamera-utama-Oppo-F1-plus-macro

Jepretan kamera utama Samsung Galaxy J5

Perbandingan dari Segi Harga Oppo F1 vs Samsung J5

Setelah mengetahui spesifikasi dari kedua smartphone, keunggulan, kekurangan, hasil jepretan kamera utama, sekarang kita masuk pada sesi terpenting dari semuanya yaitu harga. Pastinya dong kalian bakal penasaran banget sama harga dari kedua smartphone ini karena pastinya bakal percuma jika kantong tidak mendukung. Untuk Oppo F1 Selfie Expert dibendrol dengan harga IDR 3.499.000, sedangkan Samsung Galaxy J5 dibendrol dengan harga IDR 1.999.000. Tentunya Samsung Galaxy J5 harganya lebih terjangkau dibandingkan Oppo F1 Selfie Expert. Namun semua kembali lagi pada kalian yang mana yang sesuai dengan selera kalian.

Tapi ingat harga dapat berbeda disetiap storenya tergantung pada ketentuan harga di masing – masing store. Bagi kalian yang mementingkan desain, Oppo F1 Selfie Expert dapat menjadi pilihan, selain itu juga dilengkapi dengan kamera resolusi yang sangat baik. Namun jika kalian mau yang harganya lebih terjangkau namun spesifikasinya baik, Samsung Galaxy J5 dapat menjadi pilihannya. Saran saya selalu belilah sesuai dengan kebutuhan dan budget masing – masing. Demikianlah artikel ini, semoga dapat membantu kalian, sampai jumpa di artikel lainnya.

Editor: Muhammad Ferdiansyah