Bersamaan dengan gelaran acara tahunan Computex 2023, ASUS Republic of Gamers (ROG) turut memperkenalkan sejumlah inovasi hardware terbarunya untuk para konsumen. Tidak hanya laptop gaming saja, melainkan ROG Matrix GeForce RTX 4090 serta keyboard baru.

ASUS Router

Ya, dari namanya, Gizmo friends pasti sudah dapat menebak bila hardware tersebut merupakan sebuah kartu grafis alias GPU—umumnya dibenamkan pada sebuah PC demi performa terbaik. GPU RTX 4090 sendiri pertama kali diluncurkan oleh NVIDIA pada September 2022 lalu. Lewat ROG Matrix GeForce RTX 4090, ASUS tawarkan boost clock out-of-the-box tertinggi di antara varian kustomisasi RTX 4090 lainnya.

Menjamin performa tinggi, ASUS juga sematkan teknologi pendingin khusus pada GPU kolaborasinya bersama NVIDIA terbaru ini. Melengkapi hardware tersebut, juga hadir ROG Strix Scope II 96, sebuah keyboard gaming tanpa kabel alias wireless yang memiliki switch ROG NX Snow terbaru. Tampil dalam desain ringkas dan mampu berikan konsistensi keystroke yang mengesankan.

ROG Matrix GeForce RTX 4090 Gabungkan Ragam Komponen Eksklusif

ROG Matrix GeForce RTX 4090

ASUS menyebutkan bila GPU ROG Matrix GeForce RTX 4090 dijual secara terbatas. Terlihat futuristik, ASUS hadirkan sebuah fitur baru dari ROG, yakni senyawa termal logam cair pada kartu grafis. Dikenal dapat menghasilkan suhu yang jauh lebih rendah dibandingkan pasta termal tradisional.

Untuk mencegah risiko seperti aliran listrik, komponen perangkat dirancang khusus agar aman, sekaligus memungkinkan GPU dipasang secara vertikal. Menggunakan material lain seperti resin UV dan lapisan tambahan di area PCB utama, ROG Matrix GeForce RTX 4090 dipastikan bisa memindahkan panas secara optimal pada logam cair tanpa adanya risiko kebocoran. Selain komponen khusus, juga terdapat radiator setebal 360 mm yang masih didukung oleh tiga kipas ROG MF-12S ARGB.

ASUS juga sebutkan bila proses instalasi dan manajemen kabel jauh lebih mudah, hanya membutuhkan satu kabel untuk tiga kipas dengan efek pencahayaan ARGB. Kipas pada ROG Matrix GeForce RTX 4090 mampu menjaga suhu operasional tetap pada 60 derajat Celsius di bawah TGP 450W, dengan RPM kipas di bawah 1000. Cold plate pada GPU ini juga mengeliminasi kebutuhan kipas tambahan—seperti pada sebagian besar GPU berpendingin cairan AIO termasuk ROG Strix LC.

ROG Matrix GeForce RTX 4090
ROG Matrix GeForce RTX 4090 (Sumber: PC World)

Kartu grafis kelas flagship ini juga didukung oleh sejumlah software khusus. Seperti ASUS GPU Tweak III yang bisa berikan rincian performa ROG Matrix GeForce RTX 4090 real-time sekaligus mendeteksi anomali perangkat dan lainnya. Sementara switch Dual BIOS memungkinkan pengguna untuk beralih antara mode Quiet dan Performance secara mudah.

ASUS sendiri belum menyebutkan harga ROG Matrix GeForce RTX 4090. Sebagai informasi, GPU sebelumnya yang dirilis 2019 dengan RTX 2080 Ti, sempat dibanderol kisaran USD1,900 atau sekitar Rp28 jutaan. Tentunya, harga komponen yang satu ini bakal jauh lebih mahal.

Keyboard Gaming Ringkas Terbaru ASUS dengan Switch ROG NX Snow

ROG Strix Scope II 96 Wireless Gaming Keyboard

Sesuai dengan namanya, keyboard gaming ASUS terbaru satu ini tampil ringkas, memiliki kesesuaian tata letak 96% namun dengan semua tombol fungsi dan tombol angka yang sama pada keyboard berukuran utuh (100%). Berjenis wireless, ASUS ROG Strix Scope II 96 Wireless bisa tersambung ke tiga perangkat berbeda lewat sambungan Bluetooth, atau gunakan RF 2.4GHz lengkap dengan ROG SpeedNova dan Omni Receiver.

Tombol pada keyboard ini menggunakan switch mekanis ROG NX Snow pre-lubed, diklaim mudah ditukar-pasang, memiliki keystroke yang harus nan linier, serta tombol lebih stabil. Suara keyboard sendiri dapat diredam lewat busa dan bantalan peredam switch bawaan. Terdapat tombol multifungsi dan scroll untuk pemutaran media maupun pengendalian lainnya, termasuk tombol F1-F5 yang bisa diubah sebagai hotkey.

Lewat teknologi nirkabel ROG SpeedNova, keyboard gaming ini diklaim bisa digunakan secara stabil dan lancar hingga lebih dari 1500 jam, dengan latensi mendekati angka nol. Seperti ROG Matrix GeForce RTX 4090, ASUS juga belum menyebutkan harga aksesori terbarunya satu ini. Meski begitu, digadang bakal lebih murah dari seri lainnya seperti ROG Azoth yang mencapai USD249 atau Rp3,7 jutaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here