Cara Melacak HP yang Hilang (Email, GPS, Keadaan Mati, dan Imei)

0
24

Melacak HP

Kalau dulu kebutuhan pokok manusia adalah sandang, pangan, dan papan, maka untuk era teknologi seperti sekarang ini kebutuhan itu sudah bergeser menjadi sandang, pangan, dan casa. Frasa terakhir tersebut sebenarnya merupakan sebuah guyonan belaka, meski demikian hal itu sudah membuktikan bahwa betapa pentingnya telepon seluler bagi orang-orang saat ini.

Maka bukan merupakan sebuah hal yang aneh bila kita melihat seseorang yang tak pernah melepaskan ponsel dari genggamannya. Karena bisa jadi ponsel tersebut merupakan hal yang sangat tak terpisahkan dari orang tersebut. Bisa saja sumber pendapatannya berasal dari ponsel karena memang ponsel bisa digunakan untuk apa saja dan kapan saja sepanjang ada akses internet.

Karena sudah tak terpisahkan dari kehidupan kita, jadinya saat tiba – tiba kita kehilangan hape, kita akan sangat panik dan bingung. Kegelisahan kita saat kehilangan ponsel disebabkan oleh dua hal utama; yang pertama ialah kehilangan nilai dari ponsel itu sendiri, yang mana bisa saja harganya mencapai puluhan juta, dan yang kedua ialah kehilangan data yang ada di dalam smartphone itu.

Kehilangan ponsel juga merupakan kerugian finansial yang mungkin kita bisa lagi mendapatkannya dalam beberapa waktu kedepan, tetapi kehilangan data bisa jadi hal yang sangat merugikan jauh melebihi nilai materi dari ponselnya sendiri. Apalagi bila kamu belum sempat melakukan back-up data – data yang ada di hape tersebut.

Tidak hanya kehilangan data, namun yang lebih mengerikan ialah bila hape kamu jatuh di tangan orang yang tidak bertanggung jawab, maka bisa saja data – data ataupun informasi yang ada di ponselmu disalahgunakan yang bisa membuatmu menderita kerugian yang jauh lebih besar lagi.

Lantas apa ada cara supaya kita bisa melacak hape yang hilang dan mengamankan data – data di dalamnya? Well, untuk itulah di artikel kali ini kamu memberikan informasi bagaimana cara melacak hape yang hilang, dan berikut ialah ulasannya.

Cara Melacak Hp Yang Hilang Dengan Email

Ada beberapa cara untuk melacak ponsel yang hilang dan cara pertama yang kita bahas di sini dengan menggunakan email. Email merupakan salah satu identitas utama pemilik sebuah hape, di mana sebelum bisa menggunakan ponsel, kamu pasti diminta untuk memasukan sebuah email di hp mu, terutama di sistem operasi Android yang mewajibkan kamu menggunakan Gmail.

Berikut langkah-langkahnya;

  1. Masuk ke Gmail di PC atau ponsel lain, dan masuklah ke alamat email utama dari ponsel yang hilang tersebut.
  2. Tentu saja kamu diminta memasukan password, dan setelah berhasil masuk, pilih Gmail versi web.
  3. Pilihlan gambar titik yang berjumlah sembilan buah di kanan atas
  4. Masuklah ke Google Account dan ulir ke bawah.
  5. Klik pilihan Temukan.
  6. Google Map akan muncul dan tutuplah.
  7. Akan tampil jenis ponsel yang digunakan akun Gmail tersebut, dan pilih ikon refresh.
  8. Hape kamu yang hilang tersebut akan terbaca di layar.

Cara Melacak Hp Yang Hilang Dengan GPS

Semua ponsel pintar dilengkapi dengan Global Positioning System (GPS) yang akan selalu mencatat posisi di mana ponsel itu berada dan mengirimkannya ke server. Jadi kamu bisa juga melacak hape yang hilang dengan menggunakan GPS.

  1. Buka aplikasi Google Maps.
  2. Masuk ke menu Setting, lalu Bagi Lokasi dan Mulai di pojok atas kanan.
  3. Selanjutnya Pilih Orang dan isi alamat email dan nomor telepon hape yang ingin dilacak.
  4. Kemudian Bagikan dan tekan Aktifkan.
  5. Selama 24 jam, lokasi hape yang hilang akan terus terlihat dan terlacak dengan cara ini.

Cara Melacak Hp Yang Hilang Dalam Keadaan Hape Mati

Lalu bagaimana bila hape tersebut dalam keadaan mati, apakah masih bisa terlacak? Tentu saja, dan lagi – lagi kita akan menggunakan Google Maps untuk melacak hape hilang yang dalam kondisi tidak aktif itu.

  1. Buka aplikasi Google Maps.
  2. Di pojok kiri atas, klik tiga baris, kemudian pilih opsi Add Account.
  3. Ketuk ikon itu sekali lagi dan pilih opsi Your Timeline. Selanjutnya pelacakan akan dimulai.
  4. Kamu bisa menekan gambar kalender apabila hape itu sudah hilang beberapa hari dan dalam kondisi mati.

Cara Melacak Hp Yang Hilang Menggunakan Imei

Semua gawai dengan fitur telekomunikasi yang beredar secara resmi memiliki International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang merupakan identitas dari perangkat tersebut. Biasanya nomor Imei ada di kotak gadget yang bisa kamu temukan dengan mudah karena pasti tertulis di situ. Setelah kamu mendapatkan nomor Imei hape yang hilang, maka kamu harus menghubungi provider telepon selular kamu dan memintanya melacak hape kamu menggunakan Imei.

Sebelum itu pastikan kamu sudah membuat surat keterangan kehilangan di kepolisian dan operator tersebut akan meneruskannya kembali ke pihak berwajib untuk melacak hp mu.

Dari semua cara di atas sebetulnya cara termudah bagi pengguna sistem operasi Android adalah dengan menggunakan aplikasi Find My Device atau bagi pengguna iOS menggunakan aplikasi Find My iPhone/ iPad. Di mana cara penggunaan keduanya hampir sama di mana kamu cukup masuk ke akun hape yang hilang itu dan kemudian melakukan pencarian. Bahkan kamu bisa membuat hp mu berdering dan juga memberikan pesan di hape itu. Hebatnya lagi kamu bisa menghapus semua data yang ada bila kamu takut data-data kalian disalahgunakan.

Demikianlah langkah-langkah melacak hape yang hilang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagimu serta menambah wawasan kamu mengenai dunia teknologi terutama mengenai gadget dan teknologi terbaru yang merupakan sebuah keharusan di era masa kini.

Untuk dapat info lain seputar dunia teknologi, stay tune karena kami akan terus menyajikan artikel informatif untuk kamu semua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here