Gawaimikro – Kabar gembira untuk esports di Tanah Air. Pasalnya, Indonesia resmi menjadi tuan rumah ke-14 dalam penyelenggaraan IESF Esports World Championship 2022 dinyatakan pada press conference Ordinary General Meeting di Elia pada 19 November 2021.

Event besar tersebut rencananya akan diselenggarkan di Nusa Dua, Bali, Indonesia pada 20-27 November 2022. Lebih dari 100 negara anggota IESF akan mengirimkan perwakilannya dan sebanyak lebih dari satu juta atlet esports dari seluruh dunia turut mengikuti proses kualifikasi yang berjalan selama tiga bulan.

Presiden IESF Vlad Marinescu menyatakan,  “Bali sangat ideal untuk menjadi tuan rumah IESF Esports World Championship Ke-14 2022 sebab Indonesia memiliki tim esports yang luar biasa dan telah berkembang sejak lama. Kami sangat gembira bisa membawa acara ini ke Bali.”

Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah IESF Esports World Championship 2022 berkat pendekatan diplomasi kedua organisasi yaitu NOC Indonesia dan PB Esports Indonesia.

Raja Sapta Oktohari, Presiden NOC Indonesia mengatakan “NOC Indonesia sangat mendukung terselenggaranya acara ini. Bersama seluruh stakeholder, kita bergerak meningkatkan prestasi olahraga dan mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.” 

Ketua Harian PB Esports Indonesia  Komjen. Pol Drs. Bambang Sunarwibowo, SH, M.Hum mengungkapkan kegembiraanya. “Sinergi yang telah dibangun ini akan menjadi awal dari rangkaian kerjasama positif untuk menaikkan kejayaan esports Indonesia hingga kancah dunia.”

Penyelenggaran IESF Esports World Championship Ke-14 2022 ini juga merupakan bentuk dukungan PB Esports Indonesia terhadap program pemerintah untuk meningkatkan sports tourism. Acara ini diyakini dapat menjadi momen emas untuk memperkenalkan potensi Indonesia sebagai destinasi pilihan bagi penyelenggaraan event kelas dunia sekaligus membangkitkan kembali industri pariwisata dan ekonomi Indonesia paska pandemi.

(OAA/GM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here