Setiap tahun persaingan smartphone kelas menengah diakui sangat ganas, karena persaingan ini para kompetitor berusaha mati – matian untuk meningkatkan performa dengan menekan harga yang sangat rendah.

Pada segmen ini Exynos bersaing dengan MediaTek. Dalam hal ini MediaTek sudah bisa disandingkan dengan Snapdragon dan Exynos. Walaupun belum benar – benar bisa menyaingin kedua rivalnya. Tetapi MediaTek selalu berusaha lebih baik lagi kedepannya.

Exynos 7904 dibangun dengan fabrikasi 14nm, memiliki kinerja cukup baik di kelasnya berkat sokongan delapan inti atau octa-core. Dua inti pertama memiliki kecepatan 1,8GHz (Cortex-A73) dan enam sisanya 1,6GHz (Cortex-A53). Untuk Mediatek mengklaim bahwa Helio P70 memiliki performa yang lebih optimal dibandingkan chipset lain di pasaran. Mediatek Helio P70 dibangun berdasarkan arsitektur teknologi 12 nm. Empat inti pertama memiliki kecepatan 2.1 GHz (Cortex-A73), dan empat sisanya 2.0 GHz (Cortex-A53).

Skor AnTuTu, MediaTek Helio P70 juga mencetak skor AnTuTu yang lebih tinggi dibandingkan dengan Exynos 7904. Tercatat, Helio P70 mencetak skor 145.021, mengungguli Exynos 7904 yang memiliki nilai 108.263.

Jika kita membandingkan terus menerus antar prosesor ini mungkin tidak akan ada habisnya karena kita tidak bisa menentukan mana yang terbaik, meski begitu setiap kompetitor mengklaim merekalah yang terbaik. Setiap prosesor pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing – masing.

Dari ulasan ini, mungkin dapat kita simpulkan bahwa perbandingan ini kembali lagi ke user apakah sesuai kebutuhan dan dari sisi range harga.

Editor: Muhammad Ferdiansyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here