Bagi gamer PC kelas enthusiast, memiliki sebuah mesin gaming terbaik merupakan impian utama. Untuk mewujudkannya, mereka biasanya memilih untuk merakit PC desktop dengan cara memilih komponennya sendiri. Meski memiliki kebebasan lebih dalam memilih spesifikasi dan komponen yang diinginkan, cara tersebut hanya efektif bagi mereka yang mengerti hardware PC lebih jauh. Bagaimana kalau Anda ingin memiliki gaming PC terbaik namun kurang mengerti soal komponen dan hardware PC?

ASUS baru saja memperkenalkan gaming desktop PC terbaru, salah satunya adalah ROG Strix GA35. Gaming desktop PC tersebut hadir dengan spesifikasi premium dan dirancang khusus untuk para gamer enthusiast yang mengutamakan performa di atas segala-galanya. ROG Strix GA35 juga telah hadir sebagai paket lengkap, dengan spesifikasi optimal dan pastinya fitur ekstra yang tidak akan ditemukan di PC rakitan manapun.

Hadir dengan desain minimalis yang dilengkapi fitur dual-chamber, ROG Strix GA35 merupakan seri gaming desktop kelas enthusiast dari ROG. Meski tampil sebagai gaming desktop, namun ROG Strix GA35 adalah PC desktop yang sangat powerful dan dapat digunakan untuk tugas-tugas yang membutuhkan performa komputasi tinggi seperti video editing atau CAD work.

Desain Baru

ROG Strix GA35 merupakan bagian dari jajaran produk gaming desktop PC terbaru yang hadir dengan desain baru. Bagian depan dan atas case-nya menggunakan desain windshear yang tidak hanya membuat ROG Strix GA35 lebih menarik, tetapi juga memiliki fungsi teknis tersendiri. Desain windshear tersebut berfungsi sebagai ventilasi udara yang berperan penting dalam sistem pendinginan secara keseluruhan. Desain windshear memastikan aliran udara masuk ke dalam case menjadi lebih lancar sehingga membuat sistem pendinginan dapat berjalan secara optimal.

Untuk memudahkan penggunanya, ROG Strix GA35 juga dilengkapi dengan pegangan (handle) sehingga lebih mudah untuk dipindah. Di bagian handle-nya juga terdapat slot untuk keystone. Sama seperti yang ada di laptop ROG Strix, keystore di ROG Strix GA35 berfungsi layaknya “kunci” yang memungkinkan pengguna ROG Strix GA35 untuk menyimpan dan mengaplikasikan profile serta pengaturan yang ada di Armoury Crate. Tidak hanya itu, keystone juga dapat digunakan untuk membuka Shadow Drive atau drive penyimpanan khusus dengan fitur enkripsi yang dapat disembunyikan.

Akses terhadap port I/O di ROG Strix GA35 juga lebih mudah. Di bagian atas case-nya terdapat dua port USB Type-A dan satu port USB Type-C sehingga Anda tidak perlu menguhubungkan setiap perangkat yang menggunakan kedua port tersebut ke bagian belakang gaming desktop PC ini. Selain itu, terdapat pula dua port audio 3.5mm yang berfungsi sebagai input dan output. Lagi, headset pun tidak perlu dihubungkan ke port 3.5mm yang ada di belakang ROG Strix GA35.

Fitur unik lainnya yang ada di ROG Strix GA35 adalah terdapatnya dua SSD hot swap tray yang ditempatkan di bagian depan case-nya. Hot swap tray tersebut mendukung SSD SATA 2.5”, sehingga Anda bisa menambah kapasitas penyimpanan dengan mudah. Cukup buka tray dan masukkan SSD ke dalamnya.

Terakhir dari sisi desain, tidak lupa fitur AURA RGB yang tentu saja wajib hadir. Sama seperti yang ada di laptop ROG, AURA RGB di ROG Strix GA35 juga dapat diatur langsung melalui aplikasi Armoury Crate. ASUS telah menyediakan berbagai mode tampilan untuk AURA RGB, namun kami sarankan Anda untuk mengaktifkan fitur AURA Sync. Fitur tersebut akan mensingkronisasikan tampilan di perangkat yang mendukung AURA RGB. Karena paket penjualan ROG Strix GA35 juga termasuk keyboard dan mouse ROG yang mendukung AURA RGB, Anda bisa langsung mengaktifkan AURA Sync.

Sistem Pendingin Inovatif

ROG Strix GA35 merupakan gaming desktop PC premium yang di dalamnya terdapat komponen kelas high-end. Panas yang dihasilkan oleh setiap komponen tersebut harus didistribusikan dan dikeluarkan dengan baik agar performanya tidak terganggu. Untuk itulah, para ahli dan teknisi di ROG menghadirkan sistem dual-chamber pada case ROG Strix GA35.

Sistem dual-chamber membagi case ROG Strix GA35 menjadi dua buah bagian kanan dan kiri. Di sebelah kiri terdapat motherboard, CPU, dan kartu grafis. Sementara di bagian kanan terdapat power supply. Berkat sistem pembagian ruang tersebut, distribusi panas di ROG Strix GA35 dapat terkontrol karena udara panas yang dihasilkan dari empat komponen tersebut menjadi terbagi dan tidak bercampur di satu ruang.

Sistem dual-chamber juga membuat ruang komponen di ROG Strix GA35 menjadi lebih lega dan memungkinkan sirkulasi udara yang lebih lancar. Untuk memaksimalkan pendinginannya, sistem liquid cooling pun digunakan untuk mendinginkan CPU di ROG Strix GA35. Tentu saja Anda memiliki kontrol penuh untuk mengatur seluruh sistem pendingin tersebut.

Di aplikasi Armoury Crate, terdapat fitur untuk mengatur performa ROG Strix GA35 secara keseluruhan. Di fitur tersebut Anda bisa memilih satu dari tiga preset yang disediakan, yaitu Windows Mode, Performance Mode, dan Turbo Mode. Ketiganya menawarkan tingkat performa yang berbeda yang berpengaruh langsung ke sistem pendingin. Jika Anda lebih suka mengatur semuanya sendiri, terdapat juga Manual Mode dimana Anda bisa mengatur performa CPU, GPU, dan sistem pendinginan secara terpisah.

Performa pendinginan ROG Strix GA35 yang sangat baik terbukti melalui stress test menggunakan aplikasi 3DMark Time Spy. Saat diuji sebanyak 20 kali pengulangan, ROG Strix GA35 terbukti mampu mempertahankan suhu komponennya pada level yang rendah dan sama sekali tidak menunjukkan adanya efek thermal throttle dengan frame rate stability di angka 97,5%.

Performa Terbaik untuk Segala Aktivitas

ROG Strix GA35 hadir menggunakan komponen dan hardware terkini dengan teknologi terbaru. Mulai dari CPU, gaming desktop PC ini mengadopsi prosesor AMD Ryzen 9-3950X yang telah menggunakan arsitektur Zen2 7nm serta memiliki konfigurasi 16 core dan 32 thread. Konfigurasi core dan thread tersebut memungkinkan ROG Strix GA35 juga dapat difungsikan sebagai workstation bagi content creator.

Untuk pengolahan grafis, ROG Strix GA35 menggunakan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2080Ti yang merupakan kartu grafis kelas consumer paling kencang saat ini. Hadir dengan arsitektur Turing, kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2080Ti telah mendukung berbagai teknologi grafis terkini salah satunya adalah real-time ray tracing yang dapat menampilkan visual lebih nyata di dalam game. Tentu saja berkat kartu grafis ini semua game PC dapat dijalankan dengan sangat lancar.

Selain dua komponen yang telah disebutkan sebelumnya, ROG Strix GA35 juga tampil dengan RAM DDR4 2300MHz berkapasitas 64GB yang tentu saja sangat cukup untuk melakukan banyak hal khususnya multitasking. Diperkuat lagi dengan penyimpanan ganda NVMe PCIe SSD berkapasitas 512GB serta HDD berkapasitas 1TB, koleksi game ataupun arsip karya Anda dapat disimpan semua di gaming desktop PC ini. Jangan lupa penyimpanannya masih bisa ditambah!

Performa ROG Strix GA35 juga masih bisa ditingkatkan melalui overclocking. Jika Anda familiar dengan UEFI BIOS di motherboard ASUS ROG, Anda akan segera tahu bahwa ROG Strix GA35 juga memiliki fitur overclocking yang sama dengan desktop PC rakitan. Melalui BIOS-nya Anda bisa mengatur frekuensi CPU dan RAM, serta mengubah nilai pengaturan yang tidak ada di aplikasi Armoury Crate. Singkatnya, ROG Strix GA35 telah mendukung untuk overclocking.

Untuk performanya secara keseluruhan, berikut data hasil benchmark dari ROG Strix GA35:

Kesimpulan Review ROG Strix GA35

ROG Strix GA35 adalah pre-built gaming desktop PC paling kencang yang bisa Anda dapatkan di Indonesia saat ini. Dilengkapi dengan komponen dan hardware terkini serta tercanggih, ROG Strix GA35 dapat digunakan untuk memenuhi hasrat gaming Anda ataupun menjadi workstation pribadi.

Main Spec. ROG Strix GA35
CPU AMD Ryzen™ 93950X Processor 16 Core (64M Cache, up to 4.7GHz)

AMD Ryzen™ 73800X Processor 8 Core (32M Cache, up to 4.9GHz)

Operating System Windows 10
Memory Up to 64GB DDR4
Storage Up to 2TB HDD + 512GB M.2 NVMe PCIe SSD
Graphics NVIDIA® GeForce® RTX 2080Ti 11GB GDDR6 VRAM

NVIDIA® GeForce® RTX 2070 Super 8GB GDDR6 VRAM

NVIDIA® GeForce® RTX 2060 Super 8GB GDDR6 VRAM

Front I/O 2 x USB 3.2 Gen 1 type A, 2 x USB 3.2 Gen 1 type C, 1 x Mic in, 1 x Headphone out
Rear I/O 4 x USB 3.2 Gen 1 type A, 3 x USB 3.2 Gen 2 type A, 1 x USB 3.2 Gen 2 type C, 1 x HDMI 2.0, 1 x DisplayPort, 1 x RJ45 LAN, 5 X Audio Jacks, 1 x S/PDIF
Connectivity 802.11 ac gigabit-class Wi-Fi, Bluetooth 5.1
Audio SupremeFX CODEC S1220A
Dimension 27,9 x 43,3 x 50,1 cm (WxDxH)
Weight 15Kg

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here