[REVIEW] Axioo Pongo 725, Laptop Gaming 10 Jutaan dengan RTX 2050!

Gawai Mikro

Loading

Dalam dunia laptop gaming yang sering kali menampilkan harga yang meroket, Pongo 725 muncul sebagai angin segar bagi para gamer yang mencari perangkat berkinerja tinggi namun tetap terjangkau. Dibanderol hanya sekitar 10 jutaan, laptop ini menawarkan spesifikasi yang menggoda, khususnya dengan kehadiran kartu grafis RTX yang merupakan idaman para gamer.

Dalam review kali ini, kita akan menyelami lebih dalam tentang apa yang ditawarkan Pongo 725, mulai dari desain, performa, hingga fitur-fitur yang menjadikannya pilihan yang menarik di segmen harga tersebut. Mari kita lihat apakah Pongo 725 benar-benar bisa memenuhi ekspektasi sebagai laptop gaming dengan harga yang terjangkau.

Desain Pongo 725

Pongo 725 menampilkan desain yang modern dan tegas, sesuai dengan estetika gaming yang diharapkan dari perangkat di kategorinya. Laptop ini tampak memiliki bodi yang terbuat dari material yang memberikan kesan tangguh dan elegan. Warna utamanya adalah hitam, dengan aksen hitam yang menonjol serta warna merah pada logo Pongo yang terletak di tengah penutup atas, dan pada keyboard yang memiliki backlight yang bisa diatur warnanya. Logo Axioo terlihat di bagian bawah layar, menambahkan identitas merek yang jelas.

Bagian belakang laptop menunjukkan ventilasi yang besar untuk sistem pendinginannya, yang mengindikasikan kemampuan laptop untuk mengelola panas selama sesi gaming intens. Keyboardnya tampak lapang dengan tombol yang rapi dan jarak antar-tombol yang memadai untuk kenyamanan saat mengetik atau bermain game. Desain keseluruhannya adalah kombinasi antara fungsionalitas dan gaya, yang cocok bagi para gamer yang mencari performa tinggi tanpa mengorbankan estetika.

Layar Pongo 725

Pongo 725 memanjakan para penggunanya dengan layar yang luas dan responsif, menampilkan panel Full HD 15,6 inci yang mampu memberikan gambar yang tajam dan detail. Dengan refresh rate 144hz, layar ini memastikan tampilan gambar yang mulus, memberikan keunggulan kompetitif dalam gaming dan pengalaman menonton yang lebih imersif untuk film dan video. Fitur ini khususnya menjadi nilai tambah saat bermain game yang membutuhkan reaksi cepat, memungkinkan gerakan yang lebih lancar tanpa ghosting atau blur.

Selain itu, layar Pongo 725 mendukung kemampuan 3 Active Displays, yang berarti pengguna dapat memperluas workspace mereka dengan menambahkan dua monitor eksternal. Ini memungkinkan multitasking yang efisien dan setup gaming yang lebih luas, sangat cocok bagi para profesional kreatif atau gamer yang ingin mengalami pengalaman bermain game yang lebih luas dan terlibat dengan kemampuan multitasking yang baik dengan adanya 3 Active Displays. Dengan kemampuan ini, Pongo 725 tidak hanya menjadi alat yang mumpuni untuk kebutuhan gaming, tapi juga menawarkan versatilitas yang luar biasa untuk berbagai skenario penggunaan lainnya seperti konten kreator, editor video, bahkan beberapa pekerjaan yang membutuhkan layar dengan spek tertentu.

Processor dan VGA Pongo 725

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7 generasi ke-12, yang merupakan jantung dari laptop ini. Prosesor ini dikenal dengan kemampuan multitasking yang luar biasa dan efisiensi energi yang optimal, membuatnya menjadi pilihan yang tepat bagi para gamer yang menginginkan performa tanpa kompromi.

Namun, tidak hanya prosesornya yang mengesankan. Pongo 725 juga dibekali dengan kartu grafis NVIDIA RTX 2050 4GB DDR6, yang menjadi kunci performa grafis yang luar biasa. Berkat dukungan AI yang dioptimalisasi, kartu grafis ini mampu memberikan kekuatan hingga lima kali lipat dibandingkan dengan kartu grafis terintegrasi. Ini berarti kita bisa menikmati game dengan detail yang lebih kaya dan framerate yang lebih stabil, bahkan pada setting yang lebih tinggi.

Inovasi lainnya adalah dukungan DLSS 3.5 pada RTX 2050, yang memungkinkan laptop ini untuk menyeimbangkan antara kualitas visual yang tinggi dan performa yang efisien. Ini berarti, selama sesi game, Anda akan mendapatkan grafis yang tajam dan halus tanpa harus mengorbankan kecepatan frame.

Dan mari kita bicara tentang Ray Tracing & Ray Reconstruction, dua teknologi yang benar-benar mengubah permainan. Dengan fitur ini, Pongo 725 dapat menciptakan efek pencahayaan dan bayangan yang sangat realistis, memberikan level imersi yang belum pernah ada sebelumnya dalam gaming. Dengan kemampuan ini, Anda benar-benar bisa merasakan perbedaan saat memasuki dunia yang diterangi dengan nuansa cahaya yang begitu alami dan detail.

Secara keseluruhan, dari sudut pandang seorang reviewer teknologi, kombinasi prosesor Intel Core i7 generasi ke-12 dan NVIDIA RTX 2050 dalam Pongo 725 menjanjikan sebuah pengalaman gaming yang tidak hanya kuat, tapi juga mengesankan dari segi visual. Ini adalah laptop yang dirancang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan gaming hari ini, tetapi juga untuk kebutuhan konten kreator dan juga beberapa kebutuhan lainnya yang membutuhkan kinerja prosesor yang harus mumpuni.

Benchmark Pongo 725

Dalam bagian ini, kita akan mengarahkan fokus kita pada Pongo 725, perangkat yang saat ini menjadi sorotan di dunia teknologi. Sebagai sebuah inovasi terkini, Pongo 725 menawarkan kombinasi antara performa yang mengesankan dan fitur-fitur canggih yang sesuai dengan kebutuhan pengguna saat ini.

Di sini, kita akan membahas secara detail tentang kinerjanya, mengungkap fitur-fitur kunci, dan mengevaluasi hasil benchmark yang telah dicapai oleh perangkat ini. Bagian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam dan analisis komprehensif tentang apa yang menjadikan Pongo 725 sebagai topik yang menarik dan relevan di kalangan pengguna teknologi masa kini. Berikut adalah hasil benchmark yang dilakukan oleh tim kami:

Dalam evaluasi performa Pongo 725, kita menggunakan beberapa metrik benchmark yang diakui secara luas untuk mengukur kapabilitasnya. Pertama, kita menggunakan 3D Mark Time Spy, di mana Pongo 725 berhasil mencetak skor 4206. Angka ini menunjukkan kemampuan yang solid dalam menangani grafis 3D dan workload visual yang intens.

Kemudian, kita beralih ke Cinebench, sebuah benchmark yang menguji performa pemrosesan. Di sini, Pongo 725 menunjukkan kekuatan yang mengesankan dengan skor 10866 dalam pengujian Multi Core, yang menandakan kemampuan multitasking yang luar biasa. Sementara itu, dalam pengujian Single Core, perangkat ini mencapai skor 1580, menunjukkan efisiensi dan kecepatan dalam menjalankan tugas-tugas yang lebih terfokus.

Terakhir, dalam pengujian dengan 3D Mark Fire Strike, Pongo 725 mencatat skor 9452. Skor ini mengindikasikan bahwa perangkat ini memiliki kemampuan grafis yang sangat baik, cocok untuk gaming dan aplikasi grafis berat lainnya. Secara keseluruhan, hasil benchmark ini memberikan gambaran tentang kekuatan dan keunggulan Pongo 725 dalam berbagai aspek komputasi.

Kesimpulan Review Pongo 725

Pongo 725 telah menetapkan standar baru dalam kategori laptop gaming, menawarkan sebuah kombinasi sempurna antara performa yang tinggi dikelasnya dan harga yang ramah di kantong. Dengan harga sekitar 10 jutaan, perangkat ini menjanjikan pengalaman gaming yang tak kalah hebat dari model-model premium, terutama berkat adanya kartu grafis RTX yang sangat diidamkan oleh para gamer. Fakta bahwa Pongo 725 bisa menyuguhkan performa yang memuaskan di harga yang lebih terjangkau menjadikannya pilihan yang sangat menarik bagi gamer yang ingin mendapatkan nilai terbaik untuk uang mereka.

Dari segi desain dan fitur, Pongo 725 tidak kalah mengesankan. Desainnya yang modern dan tegas, dilengkapi dengan layar Full HD 15,6 inci dengan refresh rate 144hz, menjamin pengalaman gaming dan multimedia yang imersif. Ditambah lagi, kemampuan layar untuk mendukung 3 Active Displays memberikan fleksibilitas yang besar bagi pengguna, baik untuk gaming maupun keperluan multitasking. Prosesor Intel Core i7 generasi ke-12 dan kartu grafis NVIDIA RTX 2050 4GB DDR6 merupakan jantung dari laptop ini, menghasilkan kinerja yang luar biasa untuk gaming dan berbagai aplikasi berat lainnya.

Kesimpulannya, Pongo 725 adalah contoh sempurna dari bagaimana teknologi gaming dapat diakses oleh lebih banyak orang tanpa mengorbankan kualitas. Hasil benchmark yang impresif, seperti skor 4206 di 3D Mark Time Spy dan 9452 di 3D Mark Fire Strike, membuktikan bahwa perangkat ini mampu menangani game dan aplikasi berat dengan lancar. Ditambah lagi, dengan adanya garansi selama 3 tahun untuk spare part dan layanan servis serta harga yang terjangkau yaitu 10 Jutaan, Pongo 725 menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin memulai karier sebagai konten kreator atau gamer.

Klik disini untuk link pembelian