Manakah Processor Terbaik Antara Samsung Exynos VS Qualcomm Snapdragon 2019

0
168
google.com

Manakah Processor Terbaik Antara Samsung Exynos VS Qualcomm Snapdragon

Processor saat ini memang menjadi sebuah faktor penting dalam membeli sebuah smartphone baru, namun seringkali kita masih bingung dalam menentukan processor manakah yang tepat sesuai kebutuhan kita.

Banyak pengguna smartphone saat ini yang sudah memahami tentang penting nya sebuah processor, tetapi apabila diukur dengan kemampuan dan ketahanan dari processor tersebut, banyak pengguna yang mengeluhkan kemampuannya.

Oleh sebab itu, mari kita simak perbandingan 2 produsen processor terbaik saat ini antara Samsung Exynos vs Qualcomm Snapdragon.

Samsung Exynos
google.com

Samsung Exynos

Exynos merupakan sebuah processor buatan Samsung Electronics yang dikonstruksi berdasarkan basis manufaktur ARM. Di dalam perkembangannya, processor ini memiliki 8 inti dengan menggunakan 6 inti Cortex A-53 untuk Efisiensi daya dan 2 inti Cortex A-57 untuk performa.

Umumnya processor ini secara khusus biasanya hanya dipakai pada perangkat-perangkat smartphone buatan Samsung, dimulai dari Entry Level sampai Flagship Level sekalipun.

Untuk penggunaan GPU (Graphics Processing Unit) pada processor Exynos ini ditenagai oleh GPU besutan ARM, yakni Mali. Namun kadang kala Samsung juga masih mengandalkan GPU buatan mereka sendiri yaitu PowerVR.

 

Snapdragon
google.com

Qualcomm Snapdragon

Processor yang ini mungkin terdengan cukup familiar di telinga kita semua, karena processor satu ini merupakan processor yang sering digunakan oleh brand-brand smartphone ternama di dunia, sebut saja Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, Sony dan brand lainnya.

Processor ini merupakan sebuah processor besutan perusahaan besar Qualcomm yang dipercaya untuk membekali otak untuk smartphone buatan masing-masing produsen. untuk konstruksi nya processor ini menggunakan Qualcomm Kryo yang saat ini mencapai 8 inti untuk smartphone masa kini, untuk memberi wajah baru pada suksesor sebelumnya seperti Krait.

Sementara untuk sektor pengolahan grafisnya, Processor Snapdragon menggunakan GPU buatan Qualcomm sendiri, yakni Adreno. Dimana dulunya dikembangkan oleh ATI Technologies.

Mana Yang Lebih Baik?

1. Harga

Jika kita melihat perbandingan harga yang ditawarkan oleh kedua processor ternama ini, Exynos cenderung lebih mahal, itu dikarenakan oleh hanya smartphone besutan Samsung yang memakai nya.

Berbeda dengan processor besutan Qualcomm, processor ini memang memiliki pasar yang mampu mencapai segmentasi Low End dikarenakan Qualcomm Snapdragon menyuplai processor buatan mereka lebih kepada 1 brand tertentu sesuai dengan permintaan brand tersebut dalam membuat smartphone milik mereka. Oleh karena itu Qualcomm Snapdragon memiliki harga yang relatif lebih murah dibanding kompetitor nya Samsung Exynos.

2. Kualitas

Jika kita melihat sisi kualitas, Processor Exynos termasuk ke dalam processor yang cukup powerfull. Terutama dalam hal penggunaan daya baterai yang rendah, dan juga pemrosesan grafis yang baik. Hal tersebut membuat sebuah alasan mengapa processor Samsung Exynos menjadi salah satu processor terbaik saat ini.

Sedangkan pada Qualcomm Snapdragon, dari segi kualitas tidak jauh berbeda dengan Exynos,yaitu dapat mengatur penggunaan daya baterai agar tidak cepat habis dan pengolahan grafis yang sangat baik. Pada processor Snapdragon memiliki sedikit keunggulan dalam penggunaan koneksi sinyal internet 4G yang lebih cepat dibanding kompetitor nya.

3. Teknologi

Melihat pada sisi teknologi yang ditawarkan oleh kedua processor ini, banyak keunggulan pada masing-masing processor ini, mari kita ambil contoh processor terbaik mereka saat ini yaitu Exynos 9820 dan Snapdragon 855.

Processor Exynos menggunakan fabrikasi teknologi 8 nanometer, sedangkan processor Snapdragon menggunakan fabrikasi teknologi 7 nanometer. Sebagai catatan, semakin kecil angka fabrikasi nya, maka semakin cepat performanya dan efisien penggunaan daya nya walaupun kedua nya sama-sama memiliki konfigurasi 8 inti, namun pada Snapdragon 855 mereka menggunakan sistem tri-cluster.

Perbedaan dari segi GPU (Graphics Processing Unit) yang ditawarkan oleh masing-masing processor. Pada processor Exynos 9820 dilengkapi dengan GPU Mali-G76 MP12, sedangkan processor Snapdragon 855 disandingkan dengan GPU Adreno 640.

Melihat pada spesifikasi diatas mungkin belum memberi perbedaan signifikan, namun pengetesan benchmark memberi sedikit perbedaan yang bisa dilihat pada gambar berikut:

Benchmark
google.com

 

Demikianlah perbandingan processor Samsung Exynos vs Qualcomm Snapdragon, perlu diingat bahwa hasil perbandingan ini hanyalah sebuah pengujian secara umum, dan hanya sebagai informasi bagi kamu untuk menentukan processor yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan kamu, semoga bermanfaat ya sampai berjumpa pada artikel selanjuntya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here