Tips Perbaiki Performa Windows 11 di PC Anda

Gawai Mikro

Loading

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru dari Windows yang bisa saja paling mutakhir dan operasional yang terbaik saat ini. Bukan berarti tak ada kelemahannya  Ada beberapa hal yang kebanyakan orang tidak ketahui, dan bahkan tanpa mereka sadari aktivitas tertentu menggunakan Windows justru memperlambat kinerja komputer.

Akan tetapi hal ini masih bisa diantisipasi sebelum terlambat. Selain mengerjakan kegiatan sehari-hari, trik memperbaiki performa windows yang baik juga bisa mendukung Anda untuk mengakses m88 link tanpa lemot. Berikut beberapa caranya:

1. Matikan komputer dan restart

Cara paling mudah dan paling sering digunakan ketika komputer lambat, restart komputer lewat tombol power atau ke menu windows lalu memilih shutdown dua cara berikut bisa Anda tempuh dengan:

  • Pertama, pilih tombol power pada komputer kemudian tekan beberapa detik hingga layar meredup. Lalu pastikan LCD komputer menyala kembali seperti saat Anda menyalakan komputer.
  • Cara kedua, Anda bisa mencobanya ke menu windows, lalu pilih logo power yang mana berbentuk lingkaran dengan tanda jarum keatas. Lalu pilih “restart”.

2. Matikan Aplikasi “startup

Windows 11 pada beberapa kasus bisa mendaftarkan secara otomatis akun email Anda pada beberapa aplikasi dengan fitur “startup”. Sistem bisa mengingat aplikasi tertentu sehingga Anda tak perlu login dengan username dan password dan bisa melanjutkan aktifitas pada akun tertentu secara otomatis meski komputer sudah dimatikan sebelumnya. Jelas itu bisa memperlambat perangkat. Anda bisa mengurangi beban Windows 11 dengan cara berikut:

Menonaktifkan aplikasi startup

Jika Anda ingin kinerja sistem bekerja lebih baik lagi, menonaktifkan sebanyak mungkin aplikasi bisa menjadi solusi tepat. Untuk mengelola aplikasi saat startup, pastikan Anda mengikut cara berikut::

  1. Pilih ke menu pengaturan.
  2. Kemudian klik Aplikasi.
  3. Klik halaman Startup yang ada di sisi kanan.
  4. Klik menu Sortir berdasarkan dan pilih opsi Dampak startup.
  5. Nonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan.
  6. Restart ulang komputer.
  7. Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, aplikasi yang Anda nonaktifkan tidak akan lagi dimulai secara otomatis pada reboot berikutnya.

Nonaktifkan aplikasi yang dapat dimulai ulang

Windows 11 dapat menyimpan dan memulai ulang aplikasi tertentu saat Anda me-reboot komputer dan masuk. Namun, jika Anda ingin meningkatkan kecepatan komputer, sebaiknya nonaktifkan fitur ini. Untuk mematikan aplikasi yang dapat dimulai ulang di Windows 11, ikuti langkah berikut:

  1. Buka menu pengaturan.
  2. Klik pada bagian Akun.
  3. Klik halaman Opsi masuk di sisi kanan.
  4. Matikan sakelar sakelar “Simpan aplikasi saya yang dapat dimulai ulang secara otomatis dan mulai ulang aplikasi tersebut ketika saya masuk kembali”.
  5. Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, Windows 11 tidak akan lagi menyimpan dan memulai ulang aplikasi yang kompatibel saat Anda masuk ke akun Anda.

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Berguna Untuk Anda

Jika komputer memuat banyak aplikasi yang tidak Anda gunakan, aplikasi tersebut hanya akan membuang-buang ruang dan sumber daya sistem yang berharga. Mencopot pemasangan aplikasi tersebut dapat membantu meningkatkan kinerja.

  1. Ke menu Pengaturan.
  2. Klik Aplikasi.
  3. Klik halaman Aplikasi yang diinstal di sisi kanan.
  4. Klik buka menu aplikasi dari kanan dan pilih opsi Uninstall.
  5. Klik buka menu aplikasi dari kanan dan pilih opsi Uninstall.

4. Bebaskan Ruang Hard Drive

Jika komputer Anda berjalan lambat saat meluncurkan aplikasi dan mengelola file, alasannya mungkin karena drive kehabisan ruang. Biasanya, Anda akan melihat penurunan kinerja saat drive memenuhi sekitar 70 persen dari kapasitas yang tersedia.

Di Windows 11, Anda memiliki banyak cara berbeda untuk mengosongkan ruang. Namun, cara termudah adalah dengan menggunakan pengaturan Penyimpanan untuk menghapus file sementara dan tidak perlu.

Berikut cara-cara mengosongkan ruang di Windows 11:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Klik pada Sistem.
  3. Klik halaman Penyimpanan di sisi kanan.
  4. Klik pengaturan File sementara.
  5. Periksa file yang ingin Anda hapus untuk mendapatkan kembali ruang dan meningkatkan kinerja sistem.
  6. Tip cepat: Saat memilih file sementara, ingatlah bahwa mencentang pilihan “Unduhan” akan menghapus semua yang ada di dalam folder “Unduhan”. Jika Anda ingin menyimpan file-file ini, jangan centang bagian ini.
  7. Klik tombol Hapus file.
  8. Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, kinerja keseluruhan harus dapat diukur.
  9. Jika Anda memerlukan lebih banyak ruang, gunakan panduan ini untuk menemukan lebih banyak cara mengoptimalkan penyimpanan di komputer Anda.