Laptop pada dasarnya adalah perangkat yang dirancang untuk mempermudah penggunanya, membuat penggunanya lebih produktif, dan membantu menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Apalagi di era informasi seperti saat ini, komputer portabel seperti laptop bisa dikatakan hampir menjadi barang yang wajib dibawa oleh para pekerja, pelaku kreatif, atau siapapun yang ingin lebih produktif dalam kesehariannya.

Ada beberapa syarat yang harus dimiliki agar sebuah laptop bisa menjadi perangkat penunjang produktivitas yang optimal. Pertama, desain bodinya harus sangat ringkas sehingga mudah untuk dibawa bepergian. Selain itu, bobotnya juga harus ringan sehingga tidak membuat penggunanya keberatan ketika membawa laptopnya.

Syarat selanjutnya tentu saja performa. Laptop penunjang produktivitas harus dibekali dengan performa kencang sehingga mampu mengerjakan berbagai tugas tanpa hambatan. Tidak hanya sekadar memiliki performa yang kencang, agar penggunanya dapat produktif tentu saja sebuah laptop harus bisa terkoneksi dengan internet melalui WiFi dan memiliki sejumlah fasilitas konektivitas yang lengkap.

ASUS ZenBook Duo 14 (UX482) merupakan laptop terbaru yang menjanjikan penggunanya untuk dapat lebih produktif. Tentu saja agar bisa menghadirkan janji tersebut, ASUS telah membenamkan beragam teknologi khusus sehingga seluruh syarat menjadi laptop penunjang produktivitas dapat terpenuhi. Namun melalui ZenBook Duo 14 (UX482), ASUS menjanjikan bukan hanya sekadar menunjang tetapi juga meningkatkan produktivitas. Bagaimana ZenBook Duo 14 (UX482) dapat menghadirkan janji tersebut?

Dua Layar, Kunci Agar Lebih Produktif

Menggunakan layar ganda agar bekerja dapat lebih produktif merupakan hal yang sudah lama diketahui dan dilakukan oleh banyak orang. Menggunakan layar ganda berarti membuat working space atau ruang bekerja menjadi lebih luas, dan ruang kerja yang luas dapat menampilkan lebih banyak aplikasi dan informasi. Pada akhirnya, multitasking akan semakin mudah jika menggunakan dua layar.

Masalah selanjutnya adalah menggunakan dua layar selama ini hanya bisa dilakukan menggunakan monitor eksternal. Tentu saja di luar sana ada berbagai solusi monitor eksternal yang portabel dan bisa digunakan bersama dengan laptop. Namun solusi tersebut mengharuskan Anda untuk membawa monitor eksternal yang tentu saja akan lebih merepotkan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ASUS menghadirkan ScreenPad Plus yang merupakan layar kedua terintegrasi di ZenBook Duo 14 (UX482). Layar kedua tersebut memiliki mekanisme khusus yang memungkinkan ScreenPad Plus terangkat ketika layar utamanya dibuka dan membentuk sudut tujuh derajat. Berkat mekanisme tersebut, tampilan di ScreenPad Plus dapat tetap dilihat dengan nyaman meski posisinya berada di bawah layar utama.

ScreenPad Plus di ZenBook Duo 14 (UX482) tidak hanya sekadar tampil sebagai layar kedua karena telah mendukung fitur touchscreen dan input menggunakan stylus. Selain itu, ScreenPad Plus juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat meningkatkan produktivitas Anda. Ya, Anda tidak hanya sekadar bisa menampilkan berbagai aplikasi di layar kedua ini.

Pertama, Anda bisa menghubungkan smartphone menggunakan fitur Link to MyASUS yang sudah terintegrasi dengan ScreenPad Plus. Kedua, Anda juga dapat mudah mengorganisir aplikasi apa saja yang ingin ditampilkan di ScreenPad Plus bahkan bisa menukar aplikasi yang tampil di layar utama dengan yang ada di ScreenPad Plus melalui satu tombol.

Tidak hanya sampai disitu, ASUS bahkan bekerjasama dengan Adobe untuk menghadirkan Contol Panel bagi aplikasi kreatif Adobe Lightroom CC, Adobe Photoshop CC, Adobe After Effect CC, dan Adobe Premiere CC. Control Panel tersebut memungkinkan Anda untuk mengendalikan dan mengakses berbagai fitur di keempat aplikasi kreatif tersebut melalui ScreenPad Plus. Anda bahkan bisa melakukan kustomisasi fitur dan kontrol apa saja yang bisa dihadirkan.

Bagi Anda yang sangat membutuhkan kontrol super presisi di manapun, ScreenPad Plus menawarkan fitur touchpad mode yang memungkinkan seluruh area layarnya berubah menjadi touchpad. Karena ukurannya yang sangat besar, touchpad mode dapat memberikan kontrol yang lebih presisi dari toudhpad biasa. Anda bahkan bisa menggunakannya dengan stylus layaknya pen tablet.

Tetap Elegan, Ringkas, dan Ringan

ZenBook Duo 14 (UX482) merupakan bagian dari keluarga ZenBook yang memang merupakan jajaran laptop premium dari ASUS, sehingga sudah jelas bahwa laptop ini tampil dengan desain yang elegan. Berbekal desain spun metal finish yang sangat unik serta bodi tangguh bersertifikasi military grade (MIL-STD 810H) memastikan durabilitasnya.

Untuk dimensinya, ZenBook Duo 14 (UX482) masih tergolong laptop yang sangat ringkas meski bukan yang paling tipis. Ketebalannya berada di angka 1,73cm yang sudah tergolong sangat tipis karena laptop ini hadir dengan dua layar. Sementara bobotnya berada di angka 1,62Kg yang masih sangat ringan untuk dibawa bepergian.

Secara keseluruhan dimensi ZenBook Duo 14 (UX482) adalah 32,40 x 22,20 x 1,69 ~ 1,73 cm. Dengan ukuran tersebut, ZenBook Duo 14 (UX482) masih dapat dibawa menggunakan tas berukuran kecil bahkan tas wanita. Salah satu rahasia mengapa laptop ini dapat memiliki dimensi yang sangat tipis adalah berkat teknologi NanoEdge Display. Teknologi eksklusif tersebut memungkinkan bezel pada ZenBook Duo 14 (UX482) dapat tampil sangat tipis sehingga laptop ini pun memiliki screen-to-body ratio hingga 93%. Bezel yang tipis membuat dimensi laptop dapat dikurangi secara keseluruhan. Itulah salah satu rahasia ZenBook Duo 14 (UX482).

Layar Berkualitas untuk Berbagai Kegiatan

ZenBook Duo 14 (UX482) diciptakan untuk para insan produktif. Artinya, laptop ini sangat cocok digunakan oleh siapapun yang ingin menjadi lebih produktif. Untuk itulah ZenBook Duo 14 (UX482) tidak hanya hadir dengan layar standar. Layarnya yang menggunakan panel IPS mampu menghasilkan warna yang sangat kaya, tepatnya dapat menampilkan 100% warna pada color space sRGB.

Tidak hanya itu, layar ZenBook Duo 14 (UX482) yang sudah menggunakan resolusi Full HD juga mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. Artinya, layar laptop ini sudah dikalibrasi dari pabrik dan memiliki tingkat akurasi reproduksi warna yang tinggi dan terstandarisasi oleh PANTONE, organisasi yang membuat standar warna untuk industri. Berkat standarisasi tersebut, ZenBook Duo 14 (UX482) juga sangat cocok digunakan oleh para content creator yang membutuhkan layar berkualitas tinggi.

Aspek kualitas layar ternyata bukan satu-satunya yang menjadi perhatian. ASUS pun menghadirkan layar khusus dengan tingkat radiasi cahaya biru yang jauh lebih kecil ketimbang layar laptop standar. Radiasi cahaya biru merupakan salah satu penyebab kerusakan mata saat menggunakan layar komputer. ZenBook Duo 14 (UX482) sendiri telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland sebagai laptop dengan tingkat radiasi cahaya biru yang rendah dan memiliki fitur anti-flickering sehingga tidak membuat mata cepat lelah dan tidak mudah merusak kesehatan mata.

Hidup Nyaman Tanpa Dongle

Laptop untuk produktivitas sudah seharusnya mempermudah, bukan memaksa penggunanya untuk membeli dan membawa dongle kemana-mana. ZenBook Duo 14 (UX482) adlaah laptop yang hadir atas prinsip tersebut dimana pada sekujur bodinya terdapat berbagai macam port yang bisa digunakan untuk mengkoneksikan banyak perangkat.

Selain port Thunderbolt 4 dengan interface USB Type-C yang mendukung display output serta power delivery, ZenBook Duo 14 (UX482) juga memiliki port USB Type-A dan HDMI. Kedua port tersebut masih banyak digunakan hingga saat ini dan keberadaannya sudah pasti akan sangat berguna, apalagi jika Anda sering menggunakan mouse atau suka menghubungkan laptop ke proyektor untuk presentasi. Selain itu, terdapat juga port 3.5mm combo audio serta microSD card reader untuk melengkapi fungsionalitas laptop ini.

ZenBook Duo 14 (UX482) unggul dalam hal konektivitas kabel dan nirkabel. Untuk solusi nirkabel, laptop ini memanfaatkan WiFi 6 terbaru (802.11ax) yang lebih kencang dan stabil. ASUS bahkan membekali sistem WiFi di ZenBook Duo 14 (UX482) dengan teknologi WiFi Master yang memungkinkan laptop ini untuk dapat terhubung secara otomatis dengan router atau access point yang sudah teregistrasi serta memiliki sinyal paling kuat sehingga memastikan kualitas dan stabilitas konektivitasnya tetap terjaga.

Baterai untuk Bekerja Seharian

Bukan laptop untuk produktivitas jika hanya mampu bertahan beberapa jam saja. ZenBook Duo 14 (UX482) dibekali dengan baterai berkapasitas 70WHrs yang mampu bertahan hingga hampir 11 jam penggunaan pada benchmark menggunakan PCMark 10 pada mode Modern Office.

Dengan daya tahan baterai yang panjang, Anda dapat melakukan lebih banyak hal dan mengisi hari-hari dengan kegiatan yang produktif. Tidak hanya itu, ZenBook Duo 14 (UX482) juga mendukung pengisian daya menggunakan port USB Type-C melalui teknologi USB Power Delivery. Teknologi tersebut bahkan memungkinkan ZenBook Duo 14 (UX482) dapat diisi ulang daya baterainya menggunakan power bank.

Performa Kencang

ZenBook Duo 14 (UX482) ditenagai oelh prosesor 11th Gen Intel Core terbaru yang juga ditemani oleh chip grafis terintegrasi Intel Iris Xᵉ Graphic. Kombinasi keduanya memungkinkan peningkatan performa secara keseluruhan baik dari segi kalkulasi standar dan grafis dibandingkan dengan laptop yang masih menggunakan prosesor generasi sebelumnya.

Ingin lebih kencang? ASUS menyediakan fitur bernama AIPT (ASUS Intelligent Performance Technology), yaitu fitur yang memungkinkan prosesor 11th Gen Intel Core yang digunakan di ZenBook Duo 14 (UX482) dapat berjalan lebih kencang lagi. Singkatnya, AIPT memungkinkan prosesor di ZenBook Duo 14 (UX482) berjalan pada TDP 28W, jauh di atas TDP standarnya yaitu 18W. Untuk mengaktifkan AIPT, cukup ubah mode kipas ke mode Performance dengan menekan tombol Fn+F.

Membutuhkan performa grafis ekstra? ASUS juga menyediakan varian ZenBook Duo 14 (UX482) yang dilengkapi oleh chip garfis NVIDIA GeForce MX450. Chip grafis dengan VRAM GDDR5 sebesar 2GB tersebut dapat membantu meningkatkan performa pemrosesan grafis dan cocok unntuk para content creator.

ZenBook Duo 14 (UX482) yang hadir dengan performa kencang tentu saja akan menghasilkan panas ekstra, apalagi saat AIPT dinyalakan. Untuk itulah ASUS menghadirkan sistem pendingin Active Aerodynamic System (AAS Plus) yang terintegrasi dengan mekanisme ScreenPad Plus. Berkat mekanisme ScreenPad Plus yang terangkat hingga tujuh derajat, ZenBook Duo 14 (UX482) dapat memiliki rongga udara ekstra sehingga performa pendinginan dapat didongkrak secara signifikan.

Berikut hasil benchmark ZenBook Duo 14 (UX482) yang menggunakan prosesor Intel Core i7-1165G7, chip grafis NVIDIA GeForce MX450, RAM 16GB LPDDR4X, dan penyimpanan NVMe PCIe SSD berkapasitas 1TB.

Main Spec. ASUS ZenBook Duo 14 (UX482)
CPU Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)

Operating System Windows 10 Home with Office Home & Student 2019 pre-installed
Memory 16GB LPDDR4X

8GB LPDDR4X

Storage 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

Display Main Display
14″ (16:9) IPS Full HD (1920 x 1080), 400 nits, 100% sRGB, NanoEdge Display, Touchscreen, PANTONE® Validated display, TÜV Rheinland eye-care certified display
ScreenPad Plus
12,65” (1920 x 515) IPS touchscreen
Graphics NVIDIA® GeForce® MX450

Intel® Iris® X Graphics

Input/Output 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display and power delivery, Micro SD card reader
Camera HD camera with IR function to support Windows Hello
Connectivity Intel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Audio Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Battery 70WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 32.40 x 22.20 x 1.69 ~ 1.73 cm
Weight 1.62 kg
Colors Celestial Blue
Price Rp19.299.000 (Core i5 / Iris Xᵉ / 8GB RAM / 512GB SSD)

Rp21.999.000 (Core i5 / Iris Xᵉ + MX450 / 8GB RAM / 512GB SSD)

Rp24.999.000 (Core i7 / Iris Xᵉ + MX450 / 16GB RAM / 512GB SSD)

Rp26.999.000 (Core i7 / Iris Xᵉ + MX450 / 16GB RAM / 1TB SSD)

Warranty 2 tahun garansi global

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here